Kulit Remaja Berbeda? Ini Dia Penyebabnya

kulit remaja cover
" Bukan hanya menjaga kesehatan tubuh, tapi kamu para remaja juga butuh loh menjaga kesehatan wajah."

Tentang produk skincare atau tentang merawat diri pasti banyak ditemukan di mana-mana. Namun kamu para remaja pasti bingung apa yang harus dilakukan pada permasalahan kulit khusus dengan karakteristik kulit anak remaja. 

Pasti munculnya perubahan membuat sebagian remaja tidak percaya diri, masa di mana kamu serba salah jika memakai produk sembarangan. Apa lagi kegiatan sekolah yang padat membuat kamu tidak terlalu perhatian untuk merawat diri.

Ini dia beberapa penyebab kenapa kulit remaja itu berbeda.

Ketika memasuki masa pubertas, mulai banyak perubahan yang terjadi pada tubuh remaja. Hal ini terjadi karena hormon yang menyebabkan permasalahan tersebut, termasuk munculnya permasalahan kulit. Baik secara pria dan wanita maupun secara genetik setiap individu memiliki karakteristik kulit yang berbeda-beda, namun yang semua mengalami itu pubertas. 

Ketika remaja produksi sebum atau minyak akan semakin meningkat dan akan lebih sering berkeringat. Hal ini terjadi karena hormon estrogen dan testosterone mulai dilepaskan sehingga menyebabkan produksi minyak yang berlebih ditambah keringat yang menyumbat pori-pori dan muncul bakteri jahat.

Perubahan hormon dan munculnya bakteri inilah awal yang menyebabkan berbagai permasalahan kulit muncul. Biasanya permasalahan kulit inilah yang muncul saat masa pubertas:

Baca juga: Basic Skincare Yang Wajib Kamu Punya di Rumah

Produksi Minyak Berlebih 

Seperti penjelasan di atas kulit remaja menjadi lebih berminyak karena lonjakan hormon, hal ini membuat permukaan pori-pori terlihat lebih besar. Selain itu produksi minyak berlebih dapat menyebabkan jerawat dan komedo pada kulit wajah. Tentunya hal ini buat kamu para remaja tidak percaya diri, untuk kegiatan sehari-hari kamu bisa menggunakan tissue lalu di tekan-tekan secara perlahan pada wajah.

sabun cuci muka glass skin

Contohnya mencuci wajah dengan menggunakan Cleansing Gel dari rangkaian Glass Skin. Dengan tekstur gel ringan sehingga cleansing gel ini aman untuk kulit sensitif dan berjerawat. Mampu membersihkan debu dan kotoran yang menempel secara maksimal. Memiliki kandungan 3 anti inflamasi ekstrak seperti centella asiatica, dill extract dan eruca sativa leaf yang mampu mengurangi peradangan dan iritasi kulit. 

Jerawat dan bekas jerawat

Masalah yang paling sering terjadi bukan hanya pada remaja namun terjadi juga pada orang dewasa, penyebabnya antara lain antara lain minyak berlebih dan pori-pori tersumbat. Produksi minyak yang berlebih akan membuat debu dan kotoran menempel di permukaan wajah sehingga menyumbat pori-pori. Dengan begitu kamu perlu membersihkan wajah secara maksimal, usahakan memilih produk pembersih wajah serta produk lainnya yang khusus untuk wajah sensitif dan berminyak. 

Obat totol jerawat

Kamu juga bisa menggunakan obat totol untuk menyembuhkan jerawat yang meradang, seperti produk TAN Skin yang bernama Acne Gel. Tekstur gel bening sehingga bisa digunakan saat pagi dan malam hari tanpa merusak penampilan. Mengandung anti-bakteri yang ada pada salicylic acid atau BHA mampu menangani masalah jerawat. Perpaduan bahan aktif Niacinamide dan Centella Asiatica menghasilkan spot gel ini bekerja lebih efektif, menangkan dan meminimalisir infeksi luka penyebab jerawat. 

Baca juga: Jerawat dan Komedo Hempas Dengan Dua Produk Ini!

Kulit kusam

Ini juga masalah yang sering muncul pada remaja, yaitu kulit wajah yang tampak kusam. Ada banyak penyebab kulit kusam, misalnya kulitmu dehidrasi atau kekurangan cairan, sel kulit mati yang menumpuk, paparan polusi dan sinar matahari yang berlebihan. Untuk mengatasi permasalahan ini kamu bisa melakukan eksfoliasi wajah dengan kandungan yang aman untuk kulit remaja. Setidaknya 2-3 kali dalam seminggu rutin melakukan eksfoliasi wajah. Selain itu kamu juga bisa menggunakan serum yang mengandung bahan-bahan mencerahkan.

csm toner

Gunakan lah kandungan yang aman seperti kandungan PHA yang tidak memberikan efek samping pada kulit sensitif. Kamu bisa menggunakan Glass Skin Toner yang mengandung PHA sehingga dapat membantu proses eksfoliasi lapisan kulit mati terluar dan meningkatkan regenerasi sel kulit. 

Hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut:

  1. Membersihkan wajah secara rutin menggunakan metode double cleansing
  2. Eksfoliasi 2-3 kali seminggu menggunakan kandungan yang aman untuk kulit remaja
  3. Menggunakan masker yang spesifik untuk mengontrol minyak
  4. Menggunakan sunscreen
  5. Tidak menyentuh wajah dengan kondisi tangan kotor

Itu dia penjelasan singkat mengenai mengapa kulit remaja berbeda dan solusi dari masalah-masalah yang timbul. Memang masa remaja adalah masa yang membuat banyak pikiran bukan hanya tentang sekolah namun tentang penampilan juga. Jadi mulai lah menjaga kondisi kulit agar tetap sehat serta jangan lupa untuk menggunakan skincare yang sesuai dengan masalah wajah. 

Semua produk TAN Skin bisa kamu dapatkan di sini, pastinya ada promo setiap harinya khusus buat kamu. Untuk informasi mengenai promo dan kejutan hadiah lainnya, jangan lupa follow Instagram dan TikTok official TAN Skin supaya tidak ketinggalan update nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *