Microbiome Itu Apasih? Yuk kita bahas!

microbiome cover
"Ayo siapa yang masih bertanya-tanya apa itu microbiome? Masih banyak yang mengira microbiome adalah kandungan dari skincare, ternyata bukan lho! Yuk disimak!"

Kalian pasti masih asing dengan istilah microbiome kan? Sebenarnya itu adalah bakteri, virus, jamur dan arka. Lebih dari 50% badan kamu terdapat bakteri baik yang tersebar di seluruh tubuh dan paling banyak terdapat di usus, jika microbiome di usus seimbang maka imunitas tubuh akan lebih bagus. 

Kulit merupakan organ terbesar di dalam tubuh, nah kulit sendiri juga memiliki microbiome. Virus, jamur dan arkea merupakan mikroorganisme yang hidup di permukaan kulit manusia dan memiliki peran penting dalam fungsi perlindungan kulit atau skin barrier.

Memiliki bakteri dan jamur yang ada dalam kulit itu tidak masalah asal masih di batas wajar, at least setiap setahun sekali kamu harus mengetahui dalam kulitmu lebih banyak bakteri atau jamur agar tidak salah ambil langkah.

Walaupun seluruh tubuh memiliki bakteri yang berbeda-beda, namun bakteri jahat bisa berpindah lho. Contohnya jika gigimu sedang berlubang, lalu kamu menggunakan masker medis dan berbicara. Hal ini menyebabkan air liurmu terkena masker, itu dapat membuat wajahmu muncul jerawat karena bakteri jahat yang berpindah. 

Baca juga: Basic Skincare Yang Wajib Kamu Punya di Rumah

Kondisi microbiome juga tergantung dengan kondisi tertentu, ada 3 faktor yang mempengaruhi kondisi nya:

1.Iklim

Iklim setiap negara itu berbeda, seperti Indonesia yang memiliki Iklim Tropis, Iklim Muson, dan Iklim Laut. Hal ini membuat udara menjadi lembab yang menjadikan kondisi microbiome setiap orang berbeda.

2. Faktor Internal

Contohnya makanan, kalau makanan kita bervariasi maka microbiome kita juga bervariasi ada yang baik dan ada yang jahat. 

3. Hormon

Sebenarnya tidak ada hubungan langsung antara hormon dan microbiome, namun hormon juga dapat mempengaruhi kondisi microbiome kamu.

Selain itu, Skincare memiliki fungsi untuk mengimbangkan microbiome kulit yang sudah hampir mati lalu hidup lagi dengan cara memberikan nutrisi.Sering di salah artikan sebagai kandungan pada skincare, sebenarnya memang secara alami sudah ada pada kulit kamu. 

Sebenarnya di atas skin barrier itu ada lapisan lagi, jadi secara rutin kulit kita mengeluarkan keringat dan minyak. Keringat dan minyak tersebut lah yang menjadi media untuk bakteri dan jamur hidup membentuk lapisan biofilm yang keseluruhannya dikenal sebagai skin barrier. Istilah mudahnya microbiome adalah tentara terluar dari skin barrier.

Sekarang sudah paham kan apa itu microbiome? TAN Skin memiliki produk dari rangkaian terbaru yang mampu memperbaiki skin barrier dengan cara rebalancing skin microbiome. Glass Skin menghadirkan masker dengan tekstur gel ringan untuk menenangkan dan mengisi kembali tingkat hidrasi kulit yang lelah dalam semalam. Memiliki kandungan 3 anti inflammation plant extracts dan 4x Hyaluronic Acid yang mampu menutrisi kulit wajah secara alami. 

Microbiome produk

Cara menggunakannya pastikan wajahmu bersih dari kotoran, lalu ambil Glass Skin Mask dengan ujung jari yang bersih lalu oleskan ke seluruh permukaan kulit wajah secara merata. Produk ini hanya dapat digunakan maksimal 3x dalam seminggu malam hari saja.

Semua produk TAN Skin bisa kamu dapatkan di sini. Pastinya ada promo setiap harinya khusus buat kamu. Untuk informasi mengenai promo dan kejutan hadiah lainnya, jangan lupa untuk follow Instagram dan TikTok official TAN Skin supaya tidak ketinggalan update nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *